Minggu, 15 Januari 2017

Perusahaan yang "Baik"



Perusahaan adalah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai faktor produksi, yaitu manusia, alam dan modal. Kali ini, penulis akan membahas mengenai ciri-ciri dari perusahaan yang tergolong perusahaan yang baik.

Perusahaan yang baik tidak bisa hanya diukur dari laba/keuntungan yang dihasilkan saja. Pemenuhan kesejahteraan para pekerja, dampak berdirinya suatu perusahaan terhadap lingkungan sekitar, serta seberapa lama perusahaan dapat bertahan di pasar juga merupakan hal yang harus diperhitungkan dalam menilai perusahaan. Selain hal-hal tersebut, menurut pendapat saya perusahaan yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Perencanaan

    Untuk mendirikan sebuah perusahaan tentulah dibutuhkan yang namanya rencana. Latar belakang yang mendasari pendirian perusahaan, tujuan didirikannya perusahaan, visi, misi serta perkiraan anggaran biaya yang dibutuhkan termasuk ke dalam perencanaan. Struktur organisasi dari perusahaan juga harus dibuat sejelas dan semaksimal mungkin, maksimal dalam hal jumlah anggota dan pembagian divisi. Demi bisa mendirikan sebuah perusahaan yang baik, dibutuhkan perencanaan yang matang mengenai hal tersebut.

2. Sumber Daya Manusia


   Pemilihan Sumber Daya Manusia yang akan dijadikan sebagai anggota dari perusahaan, yaitu sebagai pekerja, juga harus dipikirkan matang-matang. Kualifikasi dari SDM yang dipekerjakan harus sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang ada. Kuantitas dari SDM pun tidak kalah penting untuk diperhatikan. Jangan sampai perusahaan memiliki jumlah karyawan yang terlalu banyak sehingga menyebabkan pengeluaran membengkak, dan jangan pula sampai memiliki jumlah karyawan dibawah standar yang dibutuhkan karena akan menghambat proses produksi yang nantinya akan berdampak pada keuntungan perusahaan.

3. Strategi

   Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Dalam hal ini, penulis mengartikan strategi sebagai kiat-kiat atau hal-hal yang harus dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan dari pembentukan perusahaan. Perusahaan yang baik harus memiliki strategi jitu dalam menghadapi keadaan pasar yang selalu berubah-ubah. Kemudian strategi dalam melakukan kegiatan pemasaran, perusahaan harus dapat memasarkan produk/jasa yang dihasilkan dengan semenarik mungkin agar dapat menarik konsumen hanya dalam satu kegiatan pemasaran. Selain itu, perusahaan yang baik juga harus memiliki strategi dalam menghadapi keadaan internal perusahaan sendiri. Contohnya seperti bagaimana cara merawat mesin-mesin di dalam perusahaan agar tidak cepat rusak, atau bagaimana cara agar pekerja di perusahaan memiliki kesejahteraan yang baik sehingga memiliki etos kerja dan loyalitas yang tinggi, dan sebagainya.

4. Produk dan Jasa

    Dan ciri yang terakhir adalah berkaitan dengan produk dan jasa yang dihasilkan dari perusahaan. Diharapkan perusahaan tidak hanya membuat produk dan jasa berdasarkan pesanan tertentu saja. Atau dalam arti perusahaan harus mampu membuat produk dan jasa yang dibutuhkan pasar. Hal tersebut bisa saja dilakukan dengan membuat produk/jasa yang memiliki kelebihan tersendiri dan berbeda dari produk dan jasa yang sudah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar