Pengertian E-Commerce
E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistim elektronik seperti internet ataupun jaringan komputer.
E-Commerce juga melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistim pengolahan data inventori yang dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.
Dalam teknologi informasi e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e-business dimana e-business memiliki cakupan yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis kegiatan yang dilakukannya.
Dampak E-Commerce bagi Individu
Individu berasal dari kata latin, “individuum” yang artinya tak terbagi. Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sebagai pelaku aktivitas e-commerce, individu tentu merasakan dampak yang ditimbulkan oleh aktivitas tersebut. Dampak positif terhadap individu atas kegiatan e-commerce diantaranya :
- Menghemat waktu dan biaya dalam mencari kebutuhan yang ingin dibeli
- Menghemat waktu dan biaya dalam melakukan transaksi jual beli
- Mudah dalam mendapatkan referensi harga atas jasa / barang yang dibutuhkan
- Mudah dalam mendapatkan referensi atas jenis jasa / barang yang dibutuhkan
Sedangkan dampak negatifnya terhadap individu adalah :
- Rawan akan penipuan yang tentunya akan merugikan tiap individu yang mengalaminya
- Kondisi barang yang tidak sesuai dengan keinginan, hal ini disebabkan karena para individu (dalam hal ini pembeli) hanya melihat kondisi barang secara online
- Mengalami trauma atas penipuan di media online
Dampak E-Commerce bagi Masyarakat
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Interaksi tersebut salah satunya tercermin dalam aktivitas interaksi jual beli via internet atau yang lebih dikenal dengan istilah e-commerce. Aktivitas tersebut tentu menimbulkan dampak bagi masyarakat yang melakukannya, dampak positifnya antara lain :
- Membuka peluang masyarakat untuk menciptakan usaha baru tanpa mengalami resiko yang berarti
- Membuka peluang masyarakat untuk melakukan inovasi terhadap usahanya
- Memudahkan proses pemasaran
- Menghemat waktu dan biaya dalam kegiatan transaksi dan pembayaran
Sedangkan dampak negatifnya adalah :
- Masyarakat (dalam hal ini penjual) yang tidak paham akan teknologi akan mengalami kerugian salah satunya karena keterbatasan dalam hal pemasaran
- Pencurian data penting dari masyarakat akan semakin marak terjadi
Dampak E-Commerce bagi Negara
Selain terhadap individu dan masyarakat, e-commerce juga memberikan dampak bagi negara yang melakukan aktivitas ini, yaitu :
- Pihak negara akan lebih mudah menyediakan fasilitas - fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat
- Data penting yang dimiliki negara maupun rakyat yang memanfaatkan fasilitas ini akan mudah dicuri dan dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar